Wamen Kominfo Gelar Panen Raya Pembudidaya Ikan Go Digital di Kabupaten Sukabumi

- Admin

Kamis, 3 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jejak Sukabumi – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, melakukan panen raya pembudidayaan ikan dengan teknologi digital di Pokdakan Cipancur Cimahi Farm Feed, Kampung Cipancur, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (03/10).

Panen raya tersebut, merupakan bagian dari penerapan teknologi digital pada budidaya ikan melalui kerja sama dengan eFishery.

“Kami dari Kominfo melakukan panen raya di Kabupaten Sukabumi bersama para nelayan dan petambak yang menerapkan teknologi digital dalam budidaya ikan. Kerja sama dengan eFishery ini memungkinkan peningkatan produksi hingga 20-30 persen per tambak,” kata Nezar Patria kepada Radar Sukabumi pada Kamis (03/10).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Teknologi digital yang diterapkan mencakup pengelolaan pakan ikan yang dilakukan secara otomatis melalui feeder digital. Dengan penerapan teknologi ini, satu tambak ikan nila mampu menghasilkan sekitar 3 ton ikan. Teknologi ini juga dinilai mempercepat proses panen dan meningkatkan efisiensi pengelolaan budidaya.

“Ekosistem yang dibangun oleh eFishery, mulai dari penyediaan pakan hingga tata kelola panen dan pasca panen, memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Selain menciptakan lapangan kerja, sistem ini juga memberikan nilai tambah ekonomi bagi para petambak,” tambahnya.

Program budidaya ikan digital ini tidak hanya diterapkan di Sukabumi, tetapi juga di berbagai wilayah lain seperti Aceh, Jawa Barat, Pasuruan, serta beberapa daerah di Sumatera dan Sulawesi Selatan. Hingga kini, lebih dari 240 petambak di berbagai wilayah terlibat dalam program ini.

Menurutnya, eFishery, sebagai salah satu startup di industri akuakultur, tidak hanya membantu budidaya ikan nila, tetapi juga jenis-jenis ikan lain seperti ikan salem, gurame, dan lele. “Kominfo akan terus mendukung inovasi-inovasi anak bangsa dalam industri perikanan, khususnya di sektor akuakultur,” timpalnya.

“Tentunya, ini menjadi bukti nyata bahwa digitalisasi dalam sektor perikanan dapat memberikan dampak positif terhadap produktivitas dan kesejahteraan masyarakat pembudidaya,” tukasnya.

Baca Juga :  Hari Pendidikan Nasional 2024, Bupati Sukabumi Tekankan Pembentukan Karakter

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati mengatakan, bahwa pihaknya telah bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam digitalisasi budidaya ikan. Program ini telah berjalan selama tiga bulan dan melibatkan 100 pembudidaya serta 30 kelompok yang diberi alat secara pinjam pakai sebagai uji coba.

“Dari Dinas Perikanan, kami mendukung penuh program digitalisasi ini, mulai dari proses pemasangan hingga panen raya hari ini yang dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Kominfo. Ini bukan program yang dilakukan secara tiba-tiba, melainkan sudah berlangsung selama tiga bulan,” jelasnya.

Nunung juga menambahkan bahwa digitalisasi budidaya ikan yang dilakukan dengan bantuan eFishery telah membantu para pembudidaya dalam mengelola pakan secara lebih efisien. “Biasanya, pemberian pakan dilakukan tiga kali sehari secara manual. Namun, dengan teknologi digital ini, para pembudidaya dapat mengatur pemberian pakan melalui aplikasi di mana saja, sehingga lebih efisien baik dari segi waktu maupun tenaga,” paparnya.

Meski belum ada perhitungan pasti mengenai peningkatan produksi, Nunung menekankan bahwa efisiensi dalam penggunaan tenaga dan waktu sudah terlihat nyata. “Penghematan waktu dan tenaga ini otomatis juga menekan biaya produksi, meski kita belum melakukan penghitungan pasti terkait peningkatan hasil produksi,” ujarnya.

Program uji coba ini merupakan langkah awal, dan menurut Nunung, hingga saat ini sudah ada 100 pembudidaya yang terlibat. Dinas Perikanan Sukabumi menyambut baik kerja sama ini dan berterima kasih kepada Kemenkominfo serta eFishery yang telah memberikan dukungan terhadap para pembudidaya ikan di Kabupaten Sukabumi.

“Kita sangat mengapresiasi program ini, karena melalui digitalisasi, sektor perikanan bisa semakin efisien dan maju. Ini merupakan langkah inovatif yang sangat bermanfaat bagi para pembudidaya ikan di Sukabumi,” bebernya.

Baca Juga :  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Ikut Dampingi Peserta HCS Kunjungi Lokasi Pariwisata

Masih ditempat yang sama, Head of Regulatory and Government Affairs eFishery, Luciana Dita Chandra Murni mengatakan, bahwa penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) berupa auto feeder dalam budidaya ikan di Kabupaten Sukabumi memberikan dampak signifikan bagi para petambak.

“Teknologi ini, tentunya sangat memungkinkan untuk penghematan pakan dan peningkatan produktivitas,” jelasnya.

“Auto feeder atau alat IoT ini terhubung dengan aplikasi. Melalui aplikasi tersebut, ada fitur Mas Ahya yang siap membantu petambak 24 jam dalam mengoperasikan auto feeder. Jika pembudidaya kesulitan menggunakannya, mereka dapat berkonsultasi langsung pada aplikasi tersebut,” ujar Luciana.

Penggunaan teknologi ini membutuhkan koneksi internet agar dapat berfungsi optimal. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah edukasi digital bagi para petambak. Untuk mengatasi hal ini, eFishery bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam mengadakan sarasehan digital, di mana pembudidaya diajari cara mengoperasikan auto feeder dan aplikasi terkait.

Luciana menjelaskan bahwa teknologi auto feeder ini tidak hanya memudahkan dalam pengelolaan pakan, tetapi juga memungkinkan pembudidaya untuk mengatur ukuran ikan yang diinginkan saat panen. “Dengan auto feeder, petambak bisa mengatur ukuran ikan sesuai target, misalnya satu kilogram dalam tiga bulan, sehingga saat panen tidak ada penolakan karena ukuran ikan yang tidak sesuai,” jelasnya.

eFishery telah menerapkan teknologi ini di 280 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Ke depan, Luciana menyampaikan bahwa selain fokus pada pemeliharaan teknologi, eFishery juga ingin berkolaborasi lebih jauh dengan pemerintah dalam mengatasi masalah stunting melalui peningkatan konsumsi ikan.

“Kami juga ingin membantu pemerintah dalam menurunkan tingkat stunting melalui program Hari Makan Ikan. Dengan teknologi kami, diharapkan bisa mendukung peningkatan produksi ikan yang lebih berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Ke-5, Penetapan Calon Pimpinan DPRD Periode 2024-2029

“Teknologi auto feeder ini dinilai sangat fleksibel, dengan pengaturan berbeda tergantung pada jenis ikan atau udang yang dibudidayakan, dan ukuran kolam yang digunakan,” paparnya.

Sementara itu, salah satu anggota pemilik Pokdakan Cipancur Cimahi Farm Feed, Kampung Cipancur, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Wildan mengatakan, pihaknya mengaku bersama keluarganya sudah tiga tahun terakhir telah melakukan budidaya ternak ikan. “Nah, setalah menerapkan teknik go digital ini, selain telah meningkatkan hasil panen, juga waktu menjadi efisiensi,” jelasnya.

Kami melihat bahwa teknik yang digunakan dalam budidaya sangat penting. Dengan adanya perusahaan seperti eFishery, kami diberi peluang untuk mencoba teknologi auto feeder, dan ini sangat membantu meningkatkan kualitas budidaya kami,” ujar Wildan.

Dampak yang paling dirasakan dari teknologi auto feeder, sambung Wildan, diantaranya pengurangan kebutuhan tenaga kerja manual. Selain itu, masa panen ikan pun datang lebih cepat dari biasanya.

“Pekerjaan manual sekarang digantikan oleh sistem otomatis yang terhubung melalui internet dan aplikasi. Uji coba ini menunjukkan bahwa teknologi ini dapat mempercepat pertumbuhan ikan, sehingga panen yang biasanya memakan waktu 120 hari bisa dipangkas menjadi 100-110 hari,” timpalnya.

Bukan hanya itu, dengan adanya auto feeder, biaya tenaga kerja dapat ditekan, yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan petambak. “Kami bisa menekan biaya operasional sehingga menghasilkan subsidi silang. Setiap panen bisa menghasilkan sekitar Rp3 juta lebih,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, bahwa ia bersama keluarganya telah mengelola budidaya ikan di wilayah tersebut dengan luas total lahan sekitar 1,6 hektare. Namun, yang digunakan untuk kolam budidaya ikan hanya digunakan sekitar 1 hektare. “Alhamdulillah, untuk omzet lumayan naik yah, jika dibanding sebelum menggunakan teknologi ini. Saat panen, omzet kita bisa mencapai Rp15 juta hingga Rp20 juta per kolamnya,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel jejaksukabumi.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Berita Terkait

743 KPM Desa Citarik Terima Bantuan Beras: Kepala Desa Apresiasi Dukungan Pemerintah
Momentum Hari Kesaktian Pancasila di Sukabumi: Teguhkan Persatuan dan Kedaulatan Bangsa
Pemerintah Des Cileungsing Wujudkan Pembangunan Gedung Serba Guna Untuk Pemberdayaan Masyarakat
Meningkatkan Kondusivitas dan Sinergi: Pelatihan Ketua RT dan Ketua RW di Desa Jayanti
Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Ke-5, Penetapan Calon Pimpinan DPRD Periode 2024-2029
Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Ke-5, Penetapan Calon Pimpinan DPRD Periode 2024-2029
Sukabumi EXPO 2024, Perluas Potensi Investasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat
Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Dukung Legalitas Produk UMKM di Gedung IKM dan Promosi Palabuhanratu
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 10 Oktober 2024 - 10:42 WIB

743 KPM Desa Citarik Terima Bantuan Beras: Kepala Desa Apresiasi Dukungan Pemerintah

Kamis, 3 Oktober 2024 - 01:56 WIB

Wamen Kominfo Gelar Panen Raya Pembudidaya Ikan Go Digital di Kabupaten Sukabumi

Rabu, 2 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Momentum Hari Kesaktian Pancasila di Sukabumi: Teguhkan Persatuan dan Kedaulatan Bangsa

Jumat, 27 September 2024 - 01:07 WIB

Pemerintah Des Cileungsing Wujudkan Pembangunan Gedung Serba Guna Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Selasa, 24 September 2024 - 15:36 WIB

Meningkatkan Kondusivitas dan Sinergi: Pelatihan Ketua RT dan Ketua RW di Desa Jayanti

Berita Terbaru